AMINI

Guru Bahasa Indonesia di SMPN1 Nganjuk.., lulusan Fak Sastra Univ Jember.., suka menulis puisi, sajak, syair.., padahal jurusan kuliahnya lebih bergelut dgn lin...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membangun Rasa dalam Puisi (163)
#tantangangurusiana

Membangun Rasa dalam Puisi (163)

Membangun Rasa dalam Puisi 🌷(163)🌷

Seorang insinyur teknik bertanya bagaimana cara membuat puisi..?? Bagaimana cara menghadirkan rasa pada setiap kata..?? Seolah setiap kata yang dipilih ada rasa, ada hati, ada pemikiran yang mewakili. Sehingga mampu menghadirkan keindahan... Bagaimana harus menjawabnya ya..??

Orang yang setiap hari berkutat dengan teknik bangunan tiba-tiba bertanya soal puisi. Sangat jauh ekspektasinya. Tapi tidak menutup kemungkinan. Segala sesuatu pasti mungkin.

Bahasa puisi itu bersifat universal. Artinya bersifat umum. Berlaku untuk semua orang. Dalam hal ini bahasa puisi sangat bisa diterima oleh semua kalangan. Karena pada dasarnya puisi itu adalah ekspresi atau ungkapan perasaan. Tentang apa saja. Segala sesuatu yang dilihat, didengar, dirasa. Bisa diungkapkan atau diekspresikan lewat puisi.

Bermakna tidaknya sebuah puisi bergantung pada pemahaman penciptanya. Sebuah ekspektasi yang dimiliki oleh pencipta puisi yang satu dengan yang lain berbeda. Begitu pula dengan pembaca. Apresiasi dan interpretasi berbeda dari pembaca akan membuat puisi itu jadi berbeda.

Begitulah puisi. Isi larik dan barisnya padat makna. Tidak hanya butuh keindahan. Butuh pula ketajaman pemikiran untuk bisa mengurai makna kata demi kata di dalamnya. Butuh berkali-kali membacanya untuk bisa mengulik makna yang sebenarnya. Hati senang dan puas manakala puisi karya kita diapresiasi oleh pembaca. Inilah daya yang terkandung di dalamnya.

#Nganjuk050720

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Orang teknik juga miliki seni tinggi..mau tahu Bun?Paku..Kenapa diam saja..Aku bertanya padamu..Haha....Tulisan Bunda selalu mantap.. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.. salam semangat

05 Jul
Balas

Kita semua tercipta dgn kehebatan masing-masing. Njenengan juga hebat. Kita bisa saling menggenapi. Keren kan?

06 Jul

keren bu

05 Jul
Balas

Terima kasih.

05 Jul

Betul sekali, Bu.. Tatkala karya kita dibaca dan diapresiasi disitulah seolah mendapatkan siraman hujan di musim kemarau..

05 Jul
Balas

Bener banget Bun. Terima kasih apresiasinya.

05 Jul

Sebelum kalimat sehingga, karena sebaiknya pakai tanda baca koma saja, jangan pakai tanda baca titik. Maaf krisan dikit

05 Jul
Balas

Atau justru lanjutkan saja tanpa tanda baca

05 Jul

Siap Bos! Terima kasih krisannya.. hehe

05 Jul

Orang teknik itu punya insting yang kuat lho Bu coba kita lihat bangunan yang megah tinggi mencakar langit. Wah Ibu hebat Bu. Salam Literasi

06 Jul
Balas

Itulah hebatnya mereka. Kekuatan insting mereka pun tercetus dlm karya yg luar biasa dahsyat. Kita bisa saling menggenapi. Terima kasih apresiasinya Bu.

06 Jul

Paparannya keren Bu

05 Jul
Balas

Terima kasih Bu.

05 Jul

Good. Terimakasih ilmunya, Bu.

05 Jul
Balas

Sama-sama Bu.

05 Jul

Ulasan yg luar biasa kereen bunda...salam sukses.

05 Jul
Balas

Terima kasih Pak. Sukses juga buat njenengan.

05 Jul

Luar biasa, trm ksh pencerahannya bu, smg saya bisa menulis puisi.

05 Jul
Balas

Siap. Semangat Pak.

05 Jul

Terimakasih atas ilmunya Bu. Semoga bermanfaat. Mantab sekali artikelnya.

05 Jul
Balas

Sama-sama Pak. Kita sama-sama belajar.

05 Jul

kolomnya keren habiz deh

05 Jul
Balas

Terima kasih apresiasinya Pak.

05 Jul

sukses sll ya buk Amini

05 Jul
Balas

Aamiin. Begitu juga sukses utk njenengan. Terima kasih.

05 Jul

salam literasi

05 Jul
Balas

Salam literasi juga.

05 Jul

Keren Ibu. Terimakasih atas ilmunya. Saya juga masih belajar tentang puisi. Semoga sukses selalu.

05 Jul
Balas

Kita sama-sama belajar Jeng

05 Jul

Thanks infonya Bu. Salam literasi

05 Jul
Balas

Sama-sama Bu. Salam literasi.

06 Jul

Mantap Bunda,

05 Jul
Balas

Terima kasih Bun.

05 Jul

Terimakasih!

05 Jul
Balas

Terima kasih kembali Pak.

05 Jul

Terima kasih isinya bermanfaat sekali Bu Am

05 Jul
Balas

Terima kasih apresiasinya Bun.

05 Jul



search

New Post